• 085291991766 TU
  • info@smamuh4bara.sch.id
  • Jl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

Hubungi Kami(+62) 813 9107 7011 KS

Alamat SekolahJl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

SILATURAHMI MBS BANJARNEGARA

Peserta silaturahmi sedang bermusyawarah dan shareing pengelolaan pondok pesantren di Laboratorium Kimia SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara (Selasa, 5 Oktober 2021)

smamuh4bara.sch.id SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara mengundang MBS Se Banjarnegara dalam acara forum silaturahmi pada hari Selasa, 5 Oktober 2021 bertempat di Laboratorium Kimia. Kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar lembaga, khususnya Amal Usaha di bidang pendidikan. Para mudhir atau pengasuh menyertakan kepala sekolah atau kepala madrasah. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam shareing pengelolaan MBS.

Pembawa acara Ust. Sarwono mengawali dengan mengajak para hadirin mengucapkan bismillah pukul 09.45 sebagai penanda dimulainya acara. Tilawatil Qur’an dibacakan oleh Ust. Imam Arifin, Alh, penguji program tahfidz SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara. Bapak H. Abdul Manan, sesepuh PCM Kalibening, menyampaikan kultum. Beliau mengajak untuk tidak lari dari masalah. Setiap ada masalah harus dihadapi. “Jangan lari dari masalah,” pesan Bapak H. Abdul Manan.

Sambutan kepala sekolah menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para ustad dan kepala sekolah.”SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara, secara khusus, merintis MBS untuk merealisasikan dan mengawal program kelas Tahfidz dan secara umum untuk dakwah Islam. Untuk mendukung program ini, sekolah memberikan apresiasi bagi anak-anak yang mencapai target hafalan dengan memberikan beasiswa,” terang kepala sekolah. Sambutan mudhir MBS Kalibening menyampaikan terimakasih dan informasi tentang pertemuan MBS Se Banjarnegara sudah ada wadahnya yaitu LP2M.

Ust. Pono,S.Pd.I selaku pimpinan cabang Muhammadiyah Kalibening memberikan¬† pesan supaya mengelola peserta didik atau santri dengan sungguh-sungguh. “Berkemajuan adalah lebih baik dari yang lain. Kalau lebih jelek dari yang lain, itu namanya bukan berkemajuan,” motivasi dan pesan Ust. Pono,S.Pd.I. selain memotivasi dalam pengelolaan amal usaha beliau juga berpesan untuk berislam kaffah, yaitu berislam sesuai aqidah, berislam dengan ilmu, berislam dengan amal dan berislam dengan akhlaq. Itulah Islam kaffah.

Sesi acara inti yaitu shareing yang dipimpin oleh ketua Badan Pengembang Pesantren¬† MBS Kalibening, Ust. Hidayanto. Beliau mempersilahkan para pengasuh pondok untuk shareng ilmu baik keislaman maupun pengelolaan pondok pesantren. Ust. Furhan dari Pondok Pesantren Istana Qur’an Pejawaran mengawali shareing. “Selama kita hidup di dunia, ada masalah. Santri di pondok tidak boleh menggunakan HP, santri tidak berkomunikasi dengan peserta didik reguler” shareing Ust. Furhan dalam pengelolaan pesantren. Ust. Wahyudin dari MBS Wanayasa menyampaikan bahwa setiap pondok harus ada ustadz yang dapat membaca kitab gundul. “Mengapa IJOB tidak cepat turun¬† karena persyaratan belum sesuai regulasi yang ada,” pesan ust. Wahyudin memotivasi kepada MBS yang lain yang belum mengurus proses perijinan.

Ust. Arif dari Pondok Pesantren Sabilirasyad menyampaikan bahwa regulasi LP2M adalah poin kesekiankalinya dalam pengelolaan amal usaha di setiap cabang. Jika ada perbedaan pendapat kembali kepada aturan yang sudah di buat bersama. Regulasi tidak harus menjadi patokan, apabila ada pola terbaik di suatu tempat, maka ambilah. “Kami berharap ada orang PTUM di setiap lembaga kita,” saran Ust. Arif. Ust. Bram dari Pondok Pesantren Al Madina Pingit menyampaikan perkenalan, sebagai pengasuh/mudir baru di lembaga tersebut. “Saya berasal dari jogja , barangkali saya yang paling muda di sini, saya di tarik oleh bapak Slamet untuk ikut mengelola Al Madina,” terangnya.

Setelah adzan dhuhur berkumandang, peserta silaturahmi sholat dhuhur bersama dan keliling komplek MBS sambil berbincang-bincang . Setelah di rasa cukup, peserta berpamitan kembali ke pondok pesantren masing-masing.

Pada pertemuan ini, selain dihadiri oleh para mudhir, dari internal dihadiri PCM Kalibening, komite bapak H. Wagiyo, BPP bapak Hidayanto dan Bapak Agus, kepala Mts muhammadiyah 1 Kalibening Bapak Rofianto, penguji Tahfidz Ust. Imam Arifin, Alh. Slk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *