• 085291991766 TU
  • info@smamuh4bara.sch.id
  • Jl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

Hubungi Kami(+62) 813 9107 7011 KS

Alamat SekolahJl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

Sejarah Sekolah

SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara didirikan pada tahun 1990 oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalibening berdasarkan surat ijin operasional Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaannomor 322/103/I/1990. Tokoh-tokoh penggagas, pendiri dan perintis SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara Berdasarkan dokumen Panitia Pendirian SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara adalah Ketua : Sumpono, Wakil Ketua : Rubadi, Sekretaris 1 : Ahmad Johar, Sekretaris 2 : Yutomo, Bendahara 1 : Burhan, Bendahara 2 : Agus Riyanto, Anggota : Muh. Suwarno, Supriyadi, Abdul Manan, Rohan, Sohibulyamin, Tahmid HST, Sutikno, Abdul Kholid.

Pendirian SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara di Kalibening yang digagas oleh para tokoh kalibening di atas dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat di tahun 1990an, dimana banyak sekali anak sekolah yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA, tetapi pemerintah belum mendirikan sekolah sehingga Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalibening berusaha untuk mendirikan sekolah jenjang SMA.

Awal tahun pelajaran pertama menggunakan gedung MTs lama atau Gedung PGA Muhammadiyah yang berada dekat masjid Baitul Kiblat, karena bangunan belum selesai. Pada hari senin tanggal 24 Robiul Awal 1413 H/ 21 September 1992 M Bapak Nurachmad Bupati Banjarnegara meresmikan enam lokal bangunan dari tanah wakaf yang diberikan oleh warga. Setelah bangunan siap pakai, sekolah pindah ke tempat yang baru, sebagaimana posisi yang ada sekarang.

Dalam perjalanannya, SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara terus melakukan pembangunan, maka dibentuklah Panitia Pengembangan SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara untuk mewujudkan bangunan sendiri di lokasi yang baru. Panitia Pengembang SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara sebagai berikut; Ketua : Sumpono, Wakil Ketua 1 : Supriyadi, Wakil Ketua II : Muh. Suwarno, Sekretaris I : Drs. Amin Maksun, Sekretaris II : Drs. Ali Nur Afif, Bendahara : H. Supriyanto, Anggota : Tenang S.B.A, Abdulmanan, H. Subroto, Tahmid HST, H. Erdi, H. Taufiqurrahman, H. Burhan, H. Abdul Ghofur, H. Khumaedi, H. Daryat, Muklas, San Ahmad, Dwidjo, Sohibulyamin, Agus Riyanto.

Selama kurun waktu dua puluh tahun SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara pernah di pimpin dua kepala sekolah, yaitu Drs. Amin Maksun dari tahun 1990 – 2002, Drs. Ali Nur Afif dari tahun 2002 – 2015.

Pada perkembangannya, sekolah terus melakukan perluasan lahan dan bangunan. Hingga saat ini, sarana prasarana sekolah sudah memenuhi standar nasional pendidikan. Ditahun 2017, SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara menggagas Boarding Class dan pondok pesantren MBS Kalibening yang berada di lokasi SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara. Pendirian pondok pesantren ini dalam rangka mewujudkan visi sekolah dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Proses kegiatan pondok pesantren yang bersinergi dengan sekolah mulai dilaksanakan ditahun 2018 dengan santri berasal dari sekolah sebanyak tiga belas santri. Kegiatan pondok pesantren fokus pada tahfidzul qur’an dan pendalaman bahasa arab.

SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara dikenal oleh masyarakat dengan nama SMA MUHAMKA atau SMA Muhammadiyah Kalibening karena secara geografis terletak di Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Sekolah ini terletak di daerah pegunungan dengan posisi 1400 dpl di atas permukaan laut, berhawa sejuk jauh dari keramaian.