• 085291991766 TU
  • info@smamuh4bara.sch.id
  • Jl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

Hubungi Kami(+62) 813 9107 7011 KS

Alamat SekolahJl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2021

Proses pelaksanaan ANBK SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara sesi kedua hari kedua di laboratorium komputer.(Kamis, 30/9/2021)

smamuh4bara.sch.id Kegiatan ANBK SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara yang diikuti oleh peserta didik sampling dari kementerian pendidikan dan kebudayaan sebanyak 45 peserta didik berlangsung lancar tanpa kendala, baik teknis maupun program. Pelaksanaan untuk peserta didik selama dua hari sejak tanggal 29 hingga 30 September 2021. Sebelum pelaksanaan panitia telah mengagendakan simulasi dan gladi bersih dua kali. Semua tahapan dilalui oleh panitia sebagaimana yang diamanatkan oleh sekolah.

Pengawas ANBK untuk peserta didik adalah pengawas silang yang berasal dari luar sekolah. Ketentuan ini sesuai dengan POS ANBK. Kesan pengawas dari peserta adalah anak-anak baik dalam mengerjakan AKM hingga waktu usai. AKM dibagi menjadi tiga sesi dan setiap sesi berbeda pengawas.

Banyak pertanyaan dari masyarakat, khususnya orang tua, apakah ANBK itu? Apa pentingnya untuk anak-anak yang mengikuti ANBK. Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survey karakter , dan survey lingkungan belajar. Peserta didik mengikuti AKM, yang terdiri dari Literasi membaca dan Numerasi, Survei karakter, dan survey lingkungan belajar.

AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi). Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Survey karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilai-nilai (value) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila. Survey lingkungan belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Peserta didik yang mengikuti asesmen naaional adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh kementerian. Jumlah peserta didik yang mengikuti AN dipilih oleh kementerian sebanyak 45 orang. ANBK  menjadi salah satu instrumen evaluasi diri bagi satuan pendidikan dan sebagai salah satu bahan merumuskan program-program sekolah. Slk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *