• 085291991766 TU
  • info@smamuh4bara.sch.id
  • Jl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

Hubungi Kami(+62) 813 9107 7011 KS

Alamat SekolahJl. Raya Kalibening No. 75 Kec. Kalibening, Kab. Banjarnegara

RANDOM SAMPLING SWAB SMA MUHAMMADIYAH 4 BANJARNEGARA

Salah satu guru sedang di swab di ruang Isolasi SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara di saksikan Forkompica Kalibening. (Kamis, 23/9/2021

 

smamuh4bara.sch.id. Akhir-akhir ini banyak kebijakan yang diambil oleh pemerintah atau sebuah lembaga secara random. Salah satunya adalah swab yang di lakukan di SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara dari satgas Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data dampak dari kegiatan pembelajaran atau simulasi PTM. Apakah kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh sebuah sekolah menimbulkan klaster covid-19.

SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara menjadi salah satu sekolah sebagai sampel selain beberapa sekolah lain. Lima guru dan lima belas siswa diambil untuk mengikuti swab yang dilakukan oleh tim dari puskesmas Kalibening. Guru yang menjadi sampel adalah Ibu Eky, Ibu Widhy, Bapak Wahyu, Bapak Sarwono dan Ibu Nurlatif. Lima belas peserta didik diambil dari peserta didik yang sedang mengikuti simulasi. Hasil SWAB dari sampel adalah negatif.

Mode random juga diambil untuk mengukur kinerja sebuah sekolah dalam kurun waktu tertentu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kemendikbud mengambil data siswa secara acak melalui dapodik sejumlah 45 peserta didik dan 5 peserta didik sebagai cadangan. Harapannya dari 45 peserta didik dapat menggambarkan kondisi sekolah selama tahun berjalan.

ANBK jenjang SMA akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 September 2021. Berdasarkan POS ANBK yang diterbitkan oleh Kemendikbud bahwa kegiatan ANBK diikuti oleh 45 peserta didik dan semua guru. Peserta didik akan diberikan soal tentan AKM yang memiliki muatan literasi dan Numerasi dan Survai karakter. Pendidik akan mengikuti ANBK yang memuat tentang Lingkungan Belajar.

Mode random menjadi salah satu model untuk kevalidan sebuah kondisi. Sampling random akan menghasilkan kesimpulan yang obyektif sekaligus efektif. Dikatakan efektif karena tidak membutuhkan partisipasi semua orang untuk mengambil keputusan suatu kondisi. Hal ini sebagai definisi bahwa Random sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel.

Semoga model ini dapat berguna pada bidang-bidang lain untuk suatu kegiatan penelitian. Para peneliti sah-sah saja menggunakan model random ketika ingin mengetahui suatu kondisi di sebuah lembaga. Slk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *